fbpx
0

Toko Oleh-oleh Khas Medan :Temukan Ciri Khas dari Makanan

Juli 26, 2023
Toko Oleh-oleh Khas Medan

Toko Oleh-oleh Khas Medan :Temukan Ciri Khas dari Makanan – Sejarah Medan mencatat kisah panjang perkembangan kota ini dari masa lampau hingga menjadi salah satu kota terbesar dan terpenting di Indonesia

Pendahuluan

Medan tetap menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan perkembangan infrastruktur yang terus berlanjut. Sejarah Medan yang panjang mencerminkan peran pentingnya sebagai pusat ekonomi, budaya, dan politik di wilayah Sumatera Utara.

Medan juga merupakan kota yang memiliki makanan yang khas yang tidak dijumpai di daerah atau provinsi lainnya. Medan yang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Utara. Medan juga terdiri dari beberapa kabupaten kota yang diciri khaskan dengan suku batak dan melayu.

Artikel terkait : Platform Bisnis Untuk Jualan di Kota Medan

Jenis oleh-oleh khas Medan 

1. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan oleh-oleh khas Medan yang sangat terkenal. Kue ini memiliki tekstur lembut dan manis dengan rasa pandan yang khas. Bika Ambon dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Medan dan menjadi pilihan favorit sebagai cinderamata untuk keluarga dan teman-teman.

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah oleh-oleh berbentuk bolu gulung dengan beragam varian rasa, seperti cokelat, keju, dan pandan. Rasanya yang lembut dan manis membuat Bolu Meranti menjadi oleh-oleh yang populer di Medan.

3. Kue Lapis

Kue Lapis Medan adalah kue tradisional yang banyak dijadikan oleh-oleh khas dari kota ini. Kue ini memiliki lapisan yang tipis dengan variasi warna dan rasa yang berbeda, seperti pandan, cokelat, dan keju.

4. Pisang Sale

Pisang Sale adalah oleh-oleh khas Medan yang terbuat dari pisang yang dipanggang dan dilumuri dengan gula merah. Rasanya manis dan gurih, menjadikan Pisang Sale sebagai camilan yang lezat dan cocok sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat.

5. Bolu Gulung Maryam

Bolu Gulung Maryam adalah kue bolu gulung dengan rasa yang lembut dan tekstur yang lembut. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh khas Medan yang disukai oleh banyak orang.

6. Kacang Telur Medan

Kacang Telur adalah camilan khas Medan yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng dengan bumbu rempah khas. Camilan gurih ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

7. Kue Cubit

Kue Cubit adalah kue kecil yang populer di Medan. Kue ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang lezat. Kue Cubit sering dijumpai di berbagai toko oleh-oleh dan pasar tradisional di Medan.

Rekomendasi toko oleh-oleh khas Medan 

1. Bika Ambon Zulaikah 

Jika Anda  bertanya di mana beli bika ambon pas lagi berkunjung ke kota Medan. Pasti jawabannya sangat beragam. Karena hampir semua toko kue di Medan menyediakan bika ambon sebagai menu di etalasenya. Jadi, sebelum salah pilih tempat, ada baiknya kamu tahu kalau tempat bika ambon yang terkenal dan terjamin rasanya adalah di Bika Ambon Zulaikha.

Letaknya di daerah Jl. Mojopahit No. 70 A-C, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah. Buka toko pukul 6 pagi sampai 9 malam.

2. Bolu gulung meranti 

Sama populernya dengan bika ambon Zulaikha, Bolu gulung Meranti termasuk oleh-oleh khas Medan yang selalu dinanti. Mereka memiliki toko sendiri dan selalu ramai pengunjung. Varian rasanya ada beragam. Mulai dari keju, coklat dan banyak lagi. Di sana juga bukan hanya menjual bolu gulung saja, melainkan cemilan-cemilan khas Medan lainnya seperti teri medan, keripik, dodol dan sirup markisa.

Kamu juga bisa menemukan bolu meranti ini di kawasan bandara kualanamu. Namun jangan terkejut dengan harganya lebih mahal. Alasannya sama seperti yang saya jelaskan tadi di atas. Makanya, jika ingin berhemat, jangan sampai lupa ke toko utamanya dulu di Jl. Kruing No. 2K, Sekip, Kec. Medan Petisah.

3. Awi cofee

AWI coffee berada di Jl. Mojopahit, No. 75 C, Petisah Tengah, Medan Petisah, sebuah toko khusus menjual bubuk kopi mulai dari yang kualitas tinggi hingga biasa. Mulai dari kopi Mandailing, Gayo hingga Sidikalang. Cukup lengkap dan sangat recomanded. Jam operasional toko, buka setiap hari dimulai pukul 09.30 pagi sampai pukul 6 sore saja.

4. Ucok durian Medan

Melimpahnya buah durian tiap tahunnya, menjadikan kota Medan sebagai surga durian bagi para wisatawan maupun penduduk lokal. Kamu yang mengaku gila durian dan sedang mampir ke Medan, gak afdol kalau tidak mengunjungi Ucok Durian Medan. Tepatnya berada di Jl. Pelajar No.46 Teladan Tim, Kec. Medan Kota

5. Galeri ulos sianipar 

Kita bergeser ke nuansa batak. Ulos adalah kain khas dari suku batak. Suku batak termasuk bagian besar dari populasi penduduk di kota Medan. Bahkan luar pulau Sumatera Utara lebih mengetahui bahwa Medan adalah kotanya orang Batak. ‘Horas’ adalah ucapan berbahasa batak yang sering diidentikkan dengan kota Medan selama ini. Jadi wajar jika ulos menjadi bagian dari warisan Indonesia yang identik dengan kota Medan.

Toko ini berada di Gang. Pendidikan No.130, Binjai Kec. Medan Denai. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam

Penutup 

Itulah beberapa tokoh oleh-oleh khas Medan yang patut Anda coba dan bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda ke kota ini.