fbpx
0

Elemen Lucu di Canva: Rubah Tampilan Desain Menjadi Semakin Menarik

Juni 30, 2023
Elemen Lucu di Canva

Elemen Lucu di Canva: Rubah Tampilan Desain Menjadi Semakin Menarik | Dalam dunia desain grafis, tampilan yang menarik memegang peranan penting dalam menarik perhatian dan menciptakan kesan yang positif. Salah satu aplikasi desain yang populer adalah Canva. 

Canva menawarkan berbagai elemen lucu yang dapat digunakan untuk memperindah tampilan desain Anda. Omniklik akan menjelaskan beberapa elemen lucu yang tersedia di aplikasi Canva dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kreativitas dan keunikannya.

Mengenal Jenis-Jenis Element dalam Desain

Dalam dunia desain, elemen merujuk pada unsur-unsur dasar yang membentuk komponen penting dalam sebuah karya. Elemen ini memainkan peran krusial dalam menciptakan desain yang menarik, terstruktur, dan efektif.

1. Garis

Garis adalah elemen dasar desain dan dapat digunakan untuk memisahkan elemen, membuat batas, atau menciptakan pola visual. Elemen ini dapat berupa garis lurus, melengkung, diagonal, atau berbentuk geometris lainnya, dan dapat memberikan arah, gerakan, dan struktur pada karya.

2. Bentuk

Bentuk adalah ruang yang didefinisikan oleh garis atau kontur, dapat berupa objek nyata seperti lingkaran, persegi, atau segitiga, atau bentuk abstrak yang dibentuk oleh garis dan ruang negatif. Elemen ini memberikan struktur dan pengenalan visual pada desain.

3. Warna

Warna memiliki peran penting dalam menciptakan suasana dan emosi dalam desain. Setiap warna memiliki makna dan asosiasi yang berbeda. Warna dapat digunakan untuk menarik perhatian, membedakan elemen, atau menciptakan kontras. Pemilihan skema warna yang tepat dapat mempengaruhi bagaimana pesan dan informasi disampaikan dalam desain.

4. Tekstur

Tekstur adalah elemen yang menambah dimensi taktis pada desain, dapat memberikan kesan visual dan perasaan sentuhan. Elemen ini dapat bersifat halus, kasar, bertekstur, atau halus. Dalam desain, tekstur dapat digunakan untuk menambahkan kedalaman dan kekayaan visual pada elemen desain.

5. Pola

Pola adalah pengulangan elemen atau motif dalam desain, dapat memberikan kekuatan visual, ketertiban, dan keharmonisan. Elemen ini diterapkan pada berbagai elemen desain seperti latar belakang, teks, atau objek dekoratif. Pola dapat menciptakan minat visual dan mengarahkan pandangan pengamat.

6. Ruang

Ruang adalah area kosong antara atau di sekitar elemen dalam desain, memberikan pernapasan dan keseimbangan visual. Pemahaman tentang ruang positif (ruang yang diisi oleh elemen) dan ruang negatif (ruang kosong di antara elemen) penting untuk menciptakan komposisi yang seimbang dan mudah dibaca.

7. Kontras

Kontras adalah perbedaan yang jelas antara elemen-elemen dalam desain, dapat berupa perbedaan warna, ukuran, bentuk, atau tekstur. Elemen ini memberikan kejelasan dan perbedaan visual yang kuat. Penggunaan kontras yang tepat dapat menarik perhatian dan memperkuat hierarki visual dalam desain.

8. Gerak

Gerak adalah ilusi visual tentang pergerakan atau aktivitas dalam desain, dapat dicapai melalui penggunaan garis diagonal, elemen bergerak, atau pengaturan elemen dalam urutan tertentu. Elemen ini memberikan dinamika dan kehidupan pada desain.

9. Hierarki

Hierarki adalah pengaturan dan pengorganisasian elemen-elemen dalam desain berdasarkan tingkat kepentingan atau prioritas. Elemen ini membantu pengamat memahami struktur dan alur informasi dalam desain. Penggunaan ukuran, warna, dan tata letak yang berbeda dapat membantu menciptakan hierarki yang jelas.

Tips & Trik Menemukan Elemen Lucu di Canva

Canva adalah platform desain grafis daring yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain, mulai dari poster, undangan, kartu nama, hingga postingan media sosial. Dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan beragam pilihan template, Canva membuat proses desain menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Elemen pada aplikasi Canva

Untuk mendapatkan elemen, canva sendiri sudah menyediakan sebuat fitur yang dinamakan “elemen”. Fitur menawarkan berbagai elemen desain, termasuk ilustrasi, stiker, ikon, dan bentuk-bentuk yang dapat digunakan untuk memperindah desain. Pengguna dapat menambahkan elemen ini ke dalam desain mereka dengan mudah melalui fitur seret dan lepas.

Terkadang ada masanya Anda menginginkan elemen yang lebi interaktif dan powerfull bagi konten. Namun, bingung harus mencarinya dengan keyword yang bagaimana. Sudah dicoba dengan keyword biasa tetap saja tidak muncul, lalu bagaimana caranya?

1. Buka aplikasi Pinterest

Anda bebas menggunakan pinterest versi mobil (android dan iphone) atau versi websitenya. Keduanya sama-sama bisa berfungsi dengan baik, bahkan ketika Anda sendiri tidak melakukan log in pada aplikasi. Tampilan aplikasi ketika dibuka akan seperti ini,

Tampilan Pinterest

2. Masukkan keyword “Element Canva” dan sejenisnya

Search Bar Canva

3. Muncul Beragam Referensi

Setelah memasukkan keyword “Element Canva” dan mengklik enter, Anda akan mendapati hasil seperti ini, terlihat banyak referensi keyword elemen-elemt lucu. Anda bisa mencari dan scroll kebawah hingga mendapati elemen yang sesuai dengan keinginan.

Element Canva

4. Copy Code-nya

Dari setiap referensi yang dibagikan, Anda akan menemukan code-code acak seperti ini. Code ini berfungsi sebagai akses menuju elemen lucu yang Anda pilih sebelumnya. Ingat dan catat code ini, untuk di paste-kan di kolom search canva.

Code Elemen

5. Hasil Akhir

Elemen Lucu di Canva Hasil akhir Search Bar

Code yang Anda temukan sebelumnya, ketik / paste-kan di kolom search bar “elemen”. Hasil akan muncul pada bagian bawahnya dan siap untuk Anda kreasikan.

Dengan berbagai elemen lucu yang tersedia di Canva, Anda dapat mengubah tampilan desain menjadi semakin menarik dan menghibur. Dari ilustrasi, stiker, font, filter foto, hingga elemen animasi dan musik, Canva memberikan berbagai opsi untuk meningkatkan kreativitas dan keunikan desain Anda.